SIDAK; KONTROL & KONFIRMASI LAPORAN KERTAS

Direktur Eksekutif Bekasi Institute (Public Policy Research and Empowerment), Abdul Shomad Kaffa mengapresiasi langkah Walikota Bekasi, Rahmat Effendi yang gercep (gerak cepat) menindaklanjuti keluhan masyarakat terhadap pelayanan Dinas Sosial Kota Bekasi. Dengan melakukan sidak ke lokasi, kata dia, Walikota Bekasi menjadi tahu kinerja anak buahnya dalam melayani masyarakat.

“Saya kira, sidak-sidak model begini harus lebih banyak lagi dilakukan walikota. Tentu saja harus silent, diam-diam dan tidak terjadwal. Apalagi ini terkait dengan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik,” ujarnya.

Tentu saja, kata Shomad, sidak bukan satu-satu mekanisme kontrol dalam tata kelola pemerintahan. Selain sidak, kata dia, ada juga mekanisme struktural yang bisa dilakukan. Yaitu, dengan memanggil pimpinan SKPD-SKPD ke ruang kerja.

“Di ruang kerja itulah, kemudian ditanyakan. Didialogkan. Bahwa ada keluhan masyarakat terkait pelayanan publik dan seterusnya,” kata jebolan S2 Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik Universitas Indonesia (UI) ini.

Bang Shomad, begitu biasa disapa, juga menyoroti kinerja Kadinsos Kota Bekasi yang lamban dalam implementasi perubahan sistem yang dicanangkannya. Kadinsos, kata dia, juga tidak menyiapkan langkah-langkah antisipatif terhadap kemungkinan menumpuknya masyarakat yang meminta layanan.

“Ya semestinya kan, sembari perubahan sistem diimplementasiin, dipersiapkan juga langkah-langkah antisipatif kalau terjadi penumpukan orang. Kan kalau hari ini numpuk, besok kemungkinan akan banyak lagi orang yang dateng. Terus bertambah numpuk lagi,” ujarnya. 

Ditambahkan Bang Shomad, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan-layanan publik yang dihadirkan Pemerintah Daerah tidak bisa bim-salabim. Kepuasan masyarakat hadir dari proses yang kontinyu dari pelayanan publik itu sendiri. Sayangnya, kata dia, terkadang pelayanan publik itu seperti "anget-anget tai ayam."

"On kalau lagi diawasi. Begitu nggak diawasi kendor lagi. Nah, sidak menjadi salah satu mekanisme kontrol untuk terus membuat lembaga publik melayani masyarakat dengan sepenuh hati," jelasnya.

"Memang, kadang-kadang laporan di atas kertas dengan di lapangan kerap berbeda. Di atas kertas baik semuanya. Begitu dilihat di lapangan, amburadul... Makanya, sidak menjadi salah satu mekanisme kontrol terhadap pelaksanaan program kerja dan konfirmasi terhadap laporan di atas kertas tadi," pungkas Bang Shomad. ***


Press Release ini sudah dimuat juga di portal berita, silakan klik: Radar Bekasi dan Radar Nusantara.  


Tag : BERITA
0 Comments for "SIDAK; KONTROL & KONFIRMASI LAPORAN KERTAS"

ADVERTISE

Advertise here

382x150
Back To Top